Blog ini berisi sirah atau sejarah atau kisah-kisah islam yang mengispirasi, renungang, amalan, serta kesehatan

Sunday 1 October 2017

MALAPETAKA DI BALIK MAKSIAT

Al-Imam Ibunl Qoyyim berkata: Dan diantara malapetaka di balik maksiat kepada Allah adalah dimana maksiat itu dapat MERUSAKKAN AKAL. Akal itu memiliki cahaya, Sedangkan maksiat itu seperti kegelapan yang dapat memadamkannya dan itu pasti terjadi. Dan tatkala cahaya tersebut padam, maka mulailah akalnya melemah dan kurang!!.

Sebagian Ulama Salaf berkata:
"Tidaklah seorang itu suka bermaksiat kepada Allah melainkan karena akal sehatnya telah hilang!".

Yang demikian sangatlah jelas. karna jika dia memiliki akal pasti akalnya akan mencegahnya dari bermaksiat kepada Allah.

Hidup setiap makhluk dalam genggaman Allah dan di bawah kekuasaanya. Allah yang senantiasa melihatnya, ia berada di bumi Allah dan Malaikat-Malaikatnya juga menyaksikan akan perbuatannya.

 Al-qur'an melarangnya, demikian pula kematian dan apakah ia tidak takut dengan api neraka!!?. 

Terluput nya kebaikan dunia dan akhirat darinya di karenakan maksiat, itu jauh lebih besar (lebih merugikan) daripada kelezatan dan kegembiraan yang ia peroleh dari sebuah maksiat yang dia lakukan.

 Maka mungkinkah orang yang berakal itu, akan melakukan maksiat sedangkan ia tahu maksiat itu dapat menghinakan dirinya,dan mengorbankan kebaikan dunia dan akhiratnya..??!!

Dan mungkinkah seorang yang berakal itu akan menganggap kecil hal ini??!!. Renungkanlah

Sumber:
[kitab:Al-jawabul kaafi, karya Ibnul Qoyyim] 

Rusak Akal Karena Maksiat

No comments:

Post a Comment